Jumat, 27 Mei 2011

Hujan Abu di Islandia

Hujan abu pekat berwarna hitam kini sedang melanda di tenggara Islandia. Turunnya abu vulkanik ini disebabkan oleh meletusnya Gunung Grimsvotn sejak Sabtu (21/5/2011).

Letusan awan vulkanik terus membumbung tinggi hingga ketinggian 11 km bahkan sampai ke wilayah Inggris, lho.

Penerbangan ke Inggris pun tergganggu karena Gunung Grimsvotn meletus. Foto: AP


Nah, akibatnya puluhan ribu orang menghadapi kekacauan perjalanan udara sejak Senin (23/5/2011).

Puluhan penerbangan di wilayah Inggris dan Skotlandia telah dibatalkan. Sebelumnya, Denmark juga lebih awal menutup jalur penerbangan di sekitar Greenland.

Gunung Grimsvotn yang terletak di bawah gletser es dan tidak berpenghuni di Vatnajokull, tenggara Eslandia, mulai meletus Sabtu pekan lalu.

Itu merupakan letusan pertama sejak letusan terakhir tahun 2004 dan merupakan letusan terbesar dalam 100 tahun ini.

Maskapai penerbangan British Airways (BA) Minggu malam membatalkan semua penerbangan antara London dan Skotlandia hingga Senin pukul 14.00 waktu setempat.

Selain Inggris, maskapai penerbangan Belanda, KLM, juga membatalkan 16 penerbangan ke dan dari Aberdeen, Glasgow, Edinburgh, dan Newcastle.

Paling enggak ada sekitar 36 penerbangan dibatalkan di Skotlandia pada Minggu malam dan Senin karena bandara di seluruh Inggris berada dalam status siaga gangguan.

Oiya, hujan abu ini datang setahun setelah abu vulkanik Gunung Eyjafjallajökull menyebar ke seluruh Eropa. Hal yang sama waktu itu pun juga terjadi. Malahan, lebih parah lho, sampai-sampai ada larangan di daerah Eropa.

Untung saja, letusan kali ini tidak sedahsyat Gunung Eyjafjallajökull.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar